Postingan Populer

Minggu, 31 Oktober 2010

PMI Lebih Tanggap Bencana Ketimbang BNPB



INILAH.COM, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) pimpinan Jusuf Kalla lebih tanggap dan gesit ketimbang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam menangani korban tsunami Mentawai dan meletusnya Gunung Merapi.

Demikian penilaian pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang juga relawan bencana alam Hermawan Sulistyo, Sabtu (30/10).

"PMI saya akui paling cepat tanggap ketimbang BNPB pada kejadian kemarin," ujar Hermawan dalam Polemik Trijaya di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat.

Dia kecewa pada BNPB pasalnya manajemen penanggulangan bencana di daerah bencana selama ini masih berantakan.

Malah lanjutnya, bala bantuan pun kerap terlambat dan terkadang menumpuk di satu tempat dan pembagian tidak merata. "Ketika bala bantuan dan barang-barang menumpuk di satu tempat, pada jarak 500 meter masyarakatnya malah kekurangan, tidak dapat bantuan, ini kan kacau jadinya," katanya.

Contoh lainnya, ketika Jakarta banjir pada 2006, kawasan Tanjung Priok terendam. Namun, Pemkot Jakarta Pusat tidak mau meminjamkan persedian ban karet untuk korban banjir.

"Enggak ada kok manajemennya, di Priok itu tenggelam, kita pinjam ban enggak dikasih karena tidak ada yang merasa berwenang mengambil keputusan. Baru dikasihnya keesokan harinya." [nic]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar